Breaking

Selasa, 27 Februari 2018

Cara Jitu Membuat Artikel Berkualitas untuk website dan blog dan Optimasinya Agar nomor satu di Google


cara membuat artikel berkualitas
Kualitas artikel memegang peranan penting dalam website. Bahasan tentang membuat artikel menjadi penting mengingat banyak penulis yang belum tahu betul tentang menulis artikel berkuaitas. Kualitas artikel sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu kualitas penyajian dan kualitas isi atau bobot artikel.

Untuk masalah penyajian artikel, mungkin dapat sobat pelajari secara instan. Namun tidak untuk bagian bobot artikel. Butuh banyak latihan dan usaha untuk mendapatan konten yang menarik dan berkualitas.

Definisi artikel yang berbobot adalah artikel yang benar-benar memberikan informasi yang dicari oleh pembaca. Oleh sobab itu untuk membuat artikel berkualitas maka buatlah artikel yang benar-benar memberikan informasi yang dicari oleh pembaca.

Untuk membuat artikel semacam ini, hendaknya sobat memahami betul tentang apa yang ditulisnya, bahkan bila perlu sobat bisa melakukan riset untuk artikel yang sobat tulis. Berikut adalah tips membuat artikel yang baik dan berkualitas:

1. Pikirkan Judul Yang Menarik

Judul yang menarik akan meningkatkan rasa penasaran pembaca untuk membaca artikel sobat. Tentunya sobat juga harus menyajikan isi yang menarik pula. Agar pembaca tidak kecewa karena isi artikel tidak semenarik judulnya. 

Judul yang menarik juga akan mendatangkan trafik yang cukup lumayan untuk website sobat. Ketika artikel sobat muncul di halaman pertama mesin pencari, dan judul artikel sobat paling menarik dibanding pesaing lain, maka peluang klik akan jauh lebih besar, dan berpotensi mendapatkan trafik yang tinggi.

2.  Tulis sesuatu Yang Sobat Pahami

Seperti yang telah disinggung diatas. Apa yang ada di isi kepala sobat berpengaruh besar terhadap kualitas dan bobot artikel. Oleh sebab itu hendaknya sobat menulis apa yang menjadi keahlian sobat. Sehingga informasi yang diberikan benar-benar informasi yang real dan dicari oleh pembaca. serta  menyelesaikan problem pembaca. Bila perlu lakukan riset untuk mendukung apa yang sobat tulis, sehingga pembaca akan lebih percaya dengan tulisa sobat.


3. Fokus Pada Topik Yang Dibahas

cara membuat artikel berkualitas
Saat menulis artikel, hendaknya fokus pada bahasan yang menjadi topik utama. Jangan sampai bahasan melebar keluar dari topik. Jika hal ini terjadi tentunya akan sangat merugikan pembaca sekaligus penulis. Pembaca merugi karena informasi yang dicarinya tidak ditemukan, sedangkan penulis merugi karena tulisanya tidak berkualitas dan tidak memberikan manfaat begi orang lain.


4. Kenali Karakter Pembaca

Karakter pembaca dapat sobat ketahui dari tulisan sobat. Jika tulisan sobat tentang bisnis, maka gunakan bahasa yang agak sopan. Jika sobat menulis artikel tutor bloging gunakan bahasa yang santai, dan seterusnya. Dengan begitu maka pembaca akan merasa enjoy ketika membaca artikel sobat.

5. Jangan Membuat Paragraf Terlalu Panjang

Menulis di website atau blog tidak harus sesuai dengan panduan bahasa Indonesia yang mengharuskan adanya ide pokok disetiap parafgraf. Tujuan membuat paragraph yang pendek adalah agar pembaca merasa nyaman ketika menyimak artikel sobat. 


6. Gunakan Format Tulisan Yang Jelas dan Mudah Dibaca

Ini sangat penting untuk diperhatikan. Banyak pembaca yang langsung meninggalkan halaman website karena tulisan yang dimuat tidak bisa dibaca. Tujuan menerapkan tulisan yang jelas adalah agar informasi tersampaikan, dan pembaca merasa nyaman. Font seperti arial, Roboto, Georgia adalah font standar yang biasa digunakan untuk website


7. Gunakan Gambar Yang Relevan Untuk Memperjelas Isi

Dengan hadirnya gambar pada artikel tentunya akan menambah niai plus bagi artikel sobat. Artikel yang bergambar akan terlihat lebih menarik dan cenderung disukai oleh pembaca. Selain itu kehadilan gambar juga difungsikan untuk ilustrasi untuk memperjelas informasi.


8. Tingkatan Kualitas Isi Artikel

cara membuat artikel berkualitas
Jangan hanya mengandalkan pengetahuan sendiri dalam membat artikel. Cari referensi lain sebagai bahan pertimbangan. Cari sebanyak-banyaknya sumber yang relevan artikel yang sobat tulis. Tambahkan apa yang peru ditambahkan. Lengkapi segala sesuatu yang belum lengkap.

Buat artikel baru yang unik dan lengkap dengan bahan dari pengetahuan sobat sendiri plus dari berbagai sumber yang sobat cari. Dengan begitu artikel sobat akan menjadi artikel yang unik dan menarik untuk dibaca dan memberikan manfaat untuk pembaca.


9. Kurangi basa-basi dalam menulis artikel

Umunya pembaca di internet mencari informasi secara cepat dan berpindah dari website satu ke website lainya. Buatlah artikel yang to the point agar pembaca bisa langsung mendapatkan informasi yang dicari. 

10.  Gunakan Tata Bahasa dan Ejaan yang Baik

Tata bahasa dan ejaan merupakan point penting dalam sebuah artikel. Karena keduanya adala penyampai informasi. Jika penggunaan kedua point tersebut tidak optimal maka dapat dipastikan informasi juga tidak tersmpaikan. Maka gunakan bahasa yang komunikatif atau dapat dibahami semua orang. 

Namun hal ini juga bukan berarti sobat harus menulis artikel yang menggunakan tata bahasa dan ejaan yang sangat baku seperti yang ada pada buku. Justru ini akan membuat artikel sobat menjadi kaku dan monoton, dan tentunya akan sangat membosankan untuk dibaca.

11. Buat Kutipan untuk perkuat informasi pada artikel

Melampirkan kutipan pada artikel akan meyakinkan pembaca tentang informasi yang ada di website sobat, apalagi jika kutipan tersebut diambil dari ahlinya. Dengan menghadirkan kutikan juga akan memperkuat informasi pada artikel sobat dan membuatnya menjadi lebih berkualitas.

12. Periksa Kembali Tulisan Sobat

Setelah selesai membuat artikel, hendaknya segera melakukan pengecekan ulang, baik dari segi penyajian, isi artikel, maupun tata bahasa pada artikel sobat.

#Cara Optimasi Seo Pada Artikel#

Setelah menulis artikel yang berkuatas, langkah selanjutya adalah melakukan optimasi seo agar artikel sobat bisa terdeteksi mesin pencari dan mendapatkan trafik dari mesin pencari. Sehingga tulisan sobat bisa dibaca oleh banyak orang. Bagai mana cara optimasi seo pada artikel ? Berikut ulasanya

1. Selipkan Keyword Pada Judul Artikel

Judul merupakan komponen utama dalam artikel. Ketika sobat ingin bersaing di hasi pencarian mesin pencari hendaknya pemilihan kata pada judul harus benar-benar dipertimbangkan. Gunakan judul yang mengandung keyword sehingga peluang untuk keluar di hasil pencarian semakin besar. Namun tentunya sobat juga harus mempertimbangkan kualitas judul artikel sobat. Jangan sampai demi optimasi seo, judul artikel menjadi kacau dan sulit dipahami.

2. Sisipkan keyword pada awal artikel, tapi sewajarnya saja

cara membuat artikel berkualitas
Menyisipkan keyword pada awal artikel berdampak pada peningkatan seo. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menyisipkan keyword. Jika terlalu banyak maka tulisan sobat akan sulit untuk dibaca dan membuat pengunjung bosan. Jika hal ini sampai terjadi tentunya akan sangat merugikan sobat. Maka tulislah artikel dengan penggunaan kalimat yang simple dan mudah dipahami, serta hindari menyisipkan keyword secara berlebihan pada artikel.


3. Sisipkan ALT tag pada gambar, dan sajikan gambar dalam ukuran yang kecil

Jika pada pembahasan sebelumnya dianjurkan untuk menyisipkan gambar, di bahasan ini sobat dianjukan untuk menyisipkan alt tag pada gambar. Sisipkan alt tag yang mengandung keyword untuk meningkatkan kualitas seo artikel sobat.
Ukuran gambar yang kecil akan mempercepat loading ketika artikel sobat dimuat.


4. Buat URL yang pendek dan mengandung keyword utama.

Menurut para pakar seo, url yang pendek sangat baik untuk seo. Selain itu url pendek juga akan mudah untuk diingat oleh pembaca
Dalam url, sisipkan juga keyword untuk meningkatan soe artikel sobat.


5. Buat Artikel yang Panjang dan unik

Menurut para pakar, idealnya artikel yang baik untuk seo adalah 500 – 600 kata. Namun semakin panjang artikel tentunya akan semakin baik. Dalam membuat artikel tidak hanya fokus pada banyaknya kata, namun sobat juga harus memperhatikan kata yang sobat tulis.
Gunakan kata yang memang perlu untuk digunakan, jangan sampai menulis kata yang tidak penting demi mengejar target kata agar lebih banyak.

6. Buat meta deskripsi yang mengandung keyword

Buatlah deskripsi singkat tentang artikel yang sobat tulis. Tuliskan deskripsi yang mewakili seluruh isi artikel sobat. Jangan lupa untuk sisipkan kata kunci pada deskripsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox